Ad Code

Responsive Advertisement

Monoteisme Adalah Kepercayaan Terhadap Adanya Satu Tuhan

Monoteisme

Monoteisme adalah kepercayaan terhadap adanya satu Tuhan. Dia sebagai satu-satunya ujung dari para penganut kepercayaan agama. Dia Esa dan Maha Kuasa atas apa yang Dia ciptakan.

monoteisme adalah kepercayaan terhadap adanya
ilustrasi simbol agama monoteis


Monoteisme ini merupakan kepercayaan agama yang berlawanan dengan politeisme, yang merupakan kepercayaan pada banyak tuhan, dan ateisme, yang tidak adanya kepercayaan pada dewa atau tuhan.

Agama-agama monoteistik umumnya berpendapat bahwa ada satu tuhan yang maha kuasa, maha tahu, dan baik hati yang bertanggung jawab atas penciptaan dan pemeliharaan alam semesta. Tuhan ini biasanya dilihat sebagai sumber dari semua moralitas dan etika, dan pemujaan terhadap dewa ini dianggap sebagai aspek sentral dari praktik keagamaan.

Dalam agama monoteistik, kepercayaan pada satu Tuhan sering disertai dengan kepercayaan dan praktik tertentu ibadah lainnya. Misalnya, banyak agama monoteistik percaya akan adanya kitab suci, seperti Alkitab atau Alquran, yang berisi firman-firman Tuhan dan berfungsi sebagai sumber pedoman bagi pengikutnya.

Selain itu, agama monoteistik seringkali memiliki seperangkat ritual dan praktik yang digunakan untuk mengungkapkan pengabdian kepada dewa, seperti salat, puasa, dan ziarah.

Karena monoteisme adalah kepercayaan terhadap adanya satu Tuhan sebagai sentral, banyak tradisi keagamaan yang menjadi sumber konflik dan perpecahan sepanjang sejarah peradaban manusia. Perbedaan keyakinan tentang hakikat ketuhanan dan cara beribadah yang benar sering menimbulkan perselisihan bahkan kekerasan antar pemeluk agama monoteistik yang berbeda.

Namun, terlepas dari konflik-konflik ini, kepercayaan pada satu Tuhan tetap menjadi aspek kepercayaan agama yang kuat dan tersebar luas di seluruh dunia. Karena pada prinsipnya manusia membutuhkan tempat bersandar akan ketidakmampuannya menghadapi fenomena-fenomena alam yang semakin hari, semakin diluar kapasitas manusia.

Demikian uraian singkat tentang Monoteisme adalah kepercayaan terhadap adanya 1 Tuhan. Semoga ada manfaatnya. (BAS-14)