Ad Code

Responsive Advertisement

Tulisan Ihdinas Siratal Mustaqim Arab dan Maksudnya

Tulisan ihdinas siratal mustaqim Arab merupakan bagian dari Surah al Quran, tepatnya ayat ke-6 dari total ayat al Fatihah yang berjumlah 7. Artinya ihdinash-shirâthal-mustaqîm menjadi penutup dari Ummul Quran yang sarat akan makna.

surat al fatihah arab

Selain dalam keindahan ihdinas siratal mustaqim Arab, mari kita pahami artinya dan kita gali apa maksud dan rahasia yang tersimpan di dalamnya.

Ihdinas Siratal Mustaqim Arab

Tulisan Arab ihdinas siratal mustaqim dari ayat ke-6 Surah al-Fatihah adalah sebagai berikut:

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

Ihdinas siratal mustaqim Arab tersebut kami salin dari mushaf al Quran Rasm Utsmani

Arti Ihdinas Siratal Mustaqim

Kebanyakan terjemah memaknai kata ihdinas siratal mustaqim dengan Bimbinglah kami ke jalan yang lurus. Namun ada juga yang menggunakan arti tunjukkanlah. Meskipun diksi yang digunakan berbeda, namun hakikatnya sama.

Jadi, ihdinas siratal mustaqim artinya Bimbinglah/Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus.

Maksud Ihdinas Siratal Mustaqim

Setelah mengetahui bagaimana tulisan ihdinas siratal mustaqim arab dan artinya, selanjutnya adalah memahami apa maksud dalam ayat tersebut. Mencuplik dari tafsir tahlili dari Kemenag yang menitikberatkan pada kata 'ihdi'.

Kata Ihdi artinya bimbinglah. Pembimbingan yang dimaksud adalah hidayah. Dalam Islam, hidayah adalah hadiah dari Allah yang membantu kita dalam menjalani kehidupan dengan bijaksana dan bertanggung jawab.

Dari naluri alami hingga akal yang cerdas, semuanya adalah bagian dari hidayah yang diberikan oleh Sang Pencipta. Semoga pemahaman tentang konsep hidayah ini dapat membantu kita lebih mendekatkan diri kepada Allah dan mengambil langkah yang benar dalam kehidupan kita.

Demikian penjelasan singkat tentang Tulisan Ihdinas Siratal Mustaqim Arab dan Maksudnya. Meskipun sangat sederhana, semoga bermanfaat.