Ad Code

Responsive Advertisement

Perbedaan Ashabul Maimanah dan Ashabul Masy'amah

Ashabul Maimanah dan Ashabul Masy'amah

Ssstt, ada rahasia di balik kata-kata Ashabul Maimanah dan Ashabul Masy'amah, nih! Kalau kamu suka baca Surat Al Waqi'ah pasti pernah denger, kan? Kedua kata ini adalah sebutan dari Allah buat hamba-Nya di hari Kiamat nanti. Ini lho, salah dua ayat tentang Ashabulyamin dan Ashabulmasy'amah

Ashabul Maimanah
Ashabul Maimanah dan Ashabul Masy'amah

Yuk, kita bahas artinya satu-satu. Namun sebelum kita bahas, mimin kasih info kalau khasiat surat al Waqiah itu banyak lho. Yang akan kita bahas ini ada kaitannya dengan manfaat surat ini.

Ashabul Maimanah artinya golongan kanan yang diberkahi. Keren, ya? Ashabul itu artinya orang-orang atau golongan, sedangkan Maimanah itu sama artinya dengan Alyumna, yang berarti diberkahi atau sisi kanan. Maknanya, golongan kanan yang hidup dalam keadaan baik dan terhindar dari kesialan.

Kata Alyumna juga sering disebutkan dalam hadis, lho! Ini kebalikan dari Asy-Syu'mu yang berarti kesialan. Allah juga menyebutkan Ashabul Maimanah sebagai penghuni kanan yang aman dari kesialan. Nah, kata Maimanah juga mirip dengan Al Yamin, yang artinya kanan. Kanan sering dianggap sebagai tanda kebaikan dan kebahagiaan, sedangkan kiri dianggap sebagai tanda kesialan dan keburukan.

Kalau Ashabul Masy'amah artinya golongan kiri yang malang. Masy'amah berasal dari kata Syu'm yang berarti lawan dari Yumn. Dulu, masyarakat Arab percaya kalau burung terbang dari arah kiri ke kanan itu tanda buruk, tapi kalau dari kanan ke kiri itu tanda baik. Tapi, Islam nggak mendukung kepercayaan semacam itu, ya.

Sebetulnya, banyak orang juga percaya kalau arah kanan itu simbol kebaikan, kebahagiaan, dan keberkahan, sedangkan arah kiri itu simbol kesialan dan keburukan. Pendapat ini memang ada benarnya. Nah, dalam ayat-ayat Allah juga terdapat kedua arah ini dan digunakan untuk menandai kedudukan golongan tertentu di hari Kiamat nanti. Ashabul Maimanah itu golongan yang beruntung dan diberkahi, sedangkan Ashabul Masy'amah itu golongan yang akan mendapat siksa.

Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita harus berusaha selalu berada di golongan kanan, yaitu Ashabul Maimanah, dan menjauhi golongan kiri, yaitu Ashabul Masy'amah. Jangan sampai masuk golongan yang malang, ya!

Nah, itu tadi penjelasan singkat mengenai arti dari Ashabul Maimanah dan Ashabul Masy'amah. Semoga penjelasan ini bisa membantu kita memahami makna di balik kata-kata tersebut dan menjadi orang yang selalu berada di jalan yang benar. Ingat, hidup kan harus berusaha selalu berada di golongan kanan, yang diberkahi dan berada dalam keadaan baik. Yuk, jadi Ashabul Maimanah!