Ad Code

Responsive Advertisement

Demosi Adalah Penurunan Pangkat, Apa Maksudnya?

Demosi Adalah

Menurut Pasal 1 angka 8 Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, "Demosi" merupakan salah satu sanksi disiplin yang dapat diberikan kepada pegawai negeri sipil, termasuk polisi. Demosi menjadi ramai diperbincangkan sebagai lanjutan 'drama' Bharada Eliezer.


Demosi adalah
Demosi Meanings


Demosi adalah penurunan pangkat atau jabatan seseorang karena melanggar aturan atau norma-norma yang berlaku. Dalam konteks kasus yang menjadi informasi viral, Bharada Eliezer menerima sanksi demosi karena melakukan dianggap melakukan pelanggaran. Dalam konteks Demosi, sanksi itu tidak sampai menjadikan seseorang di PHK atau PTDH.

Pengertian Demosi

Demosi adalah istilah yang mengacu pada penurunan pangkat. Jika seseorang ter-Demosi berarti ia dipindahkan ke peringkat, posisi, atau pekerjaan yang lebih rendah daripada yang sebelumnya mereka pegang. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti kinerja yang buruk, restrukturisasi organisasi, pelanggaran, indispliner atau perubahan persyaratan pekerjaan. Demosi juga dapat digunakan sebagai tindakan pendisiplinan atau sebagai cara untuk mengelola kinerja karyawan.

Dalam beberapa kasus, dampak Demosi adalah pengurangan gaji, tunjangan atau insentif. Ini bisa menjadi pengalaman yang kurang mengenakkan bagi orang yang terdemosi, karena dapat dilihat sebagai kemunduran atau kehilangan status dalam pekerjaan atau organisasi. Namun, tentu ada hikmahnya. Hikmah dari demosi adalah keberadaanya dilingkungan dan tanggung jawab baru.

Di lingkungan baru itu tentu memberikan kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru atau mengambil tanggung jawab yang berbeda. Jika proses demosi dijalani dengan baik, tentu pada akhirnya dapat membantu mereka untuk membangun karir yang lebih sukses di masa depan.

Contoh Demosi

Meskipun tidak terkait Demosi yang dialami Bharada Eliezer, Kamu akan lebih paham apa itu Demosi melalui contohnya. Berikut contoh Demosi dalam bidang bisnis atau pekerjaan.

Misalkan seorang manajer yang bertanggung jawab atas departemen penjualan dalam suatu perusahaan tidak mencapai target penjualan yang ditetapkan selama beberapa bulan berturut-turut. Setelah evaluasi kinerja, perusahaan memutuskan untuk menurunkan pangkatnya menjadi kepala bagian penjualan.

Dalam peran barunya, manajer tersebut akan melaporkan langsung ke manajer departemen penjualan dan tidak lagi memiliki tanggung jawab penuh atas departemen tersebut. Selain itu, gaji dan tunjangan manajer tersebut akan disesuaikan dengan peran barunya sebagai kepala bagian penjualan. Ini adalah contoh konkret dari demosi karena kinerja yang buruk.

Demikian penjelasan tentang apa itu Demosi yang juga dikenal dengan penurunan pangkat atau jabatan. Demosi bisa terjadi dimana saja, baik di institusi atau perusahaan.