Walam Yakullahu Kufuwan Ahad

Lafazh Walam yakullahu kufuwan ahad merupakan petikan dari surah al-Ikhlas. Kutipan tersebut terdapat pada ayat terakhir. Surat al ikhlas dan artinya merupakan dua hal yang perlu diketahui oleh kita; umat muslim.

walam yakullahu kufuwan ahad
Surah Al-Ikhlas Ayat 1-4
Ikhlas sendiri artinya merelakan atau tanpa pamrih. Arti ini sebenarnya kurang tepat jika dikaitkan dengan sumber kata aslinya. Namun pengartian ini yang populer di kalangan masyarakat.

Salah satu keunikan surah ikhlas ini adalah tidak menyebut kata ikhlas di dalamnya. Tidak seperti beberapa nama surat yang lain, contoh surat al Waqi’ah, At-Tin dlsb. Yang mana nama surat terkandung di dalamnya, bahkan di ayat-ayat permulaan. Seperti Surah al Kafirun, yang penamaannya mengambil bunyi ayat pertama qul ya ayyuhal kafirun. Hal ini tidak terjadi dalam surah al-Ikhlas.

Surat Al-Ikhlas adalah salah satu surat yang paling utama di dalam Al-Quran dan sering dibaca dalam berbagai kegiatan ibadah seperti shalat, dzikir, istighosah, tahlil dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini, kami akan mengulas arti dari walam yakullahu kufuwan ahad dengan pengartian kata per kata. Selain itu, ada beberapa kandungan singkat dan penjelasan yang dapat dari Surah al-Ikhlas ayat ke-4 tersebut.

 

Arti Walam Yakullahu Kufuwan Ahad

walam yakullahu kufuwan ahad
Walam yakullahu kufuwan ahad
Mengutip dari terjemahan al Quran terbitan Kemanag, walam yakullahu kufuwan ahad artinya: dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia. Berikut pengaritan kata per katanya:

  • Walam artinya dan tidak
  • Yakun artinya ada
  • Lahu artinya bagi-Nya
  • Kufuwan artinya setara atau sebanding
  • Ahad artinya seseorang atau suatu dzat.

 

Kandungan Walam Yakullahu Kufuwan Ahad

Kandungan Surah Al-Ikhlas dalam Al-Quran mengandung pesan penting tauhid, yaitu keesaan dan kesempurnaan Allah. Dalam surat ini, Allah menegaskan bahwa Dia lah satu-satunya Tuhan yang Maha Esa dan tidak bersekutu atau berpasangan dengan tuhan lain.

Walam yakullahu kufuwan ahad menegaskan bahwa tidak ada satu pun yang senbanding atau kuffu dengan Allah, dan Dia tidak memerlukan apapun, sedangkan selain Allah, memerlukan-Nya. Kandungan dari Surah Al-Ikhlas 1-4 memberikan pesan yang sangat penting bagi umat Muslim untuk senantiasa memelihara keimanan dan keyakinan dalam keesaan Allah serta untuk menghindari penyembahan terhadap selain-Nya.

 

Penjelasan Walam Yakullahu Kufuwan Ahad

Maksud dari Walam Yakullahu Kufuwan Ahad adalah bahwa tidak ada sesuatu atau siapapun yang bisa menyamai atau setara dengan keesaan, kekuasaan, dan kebesaran Allah. Allah adalah satu-satunya Tuhan yang Maha Esa dan tidak memiliki sekutu atau pasangan, serta memiliki sifat-sifat yang Maha Sempurna.

Dalam Al-Quran, Allah menjelaskan bahwa Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, Maha Mengetahui, dan Maha Bijaksana. Oleh karena itu, tidak ada yang bisa menyamai atau setara dengan Allah dalam segala hal.

Walam Yakullahu Kufuwan Ahad sebagai penegas semua itu. Maka Allah tidak bisa dibandingkan dengan segala hal yang mungkin dianggap manusia sesuatu yang besar, seperti kecanggihan dan karya manusia. Tidak ada yang sebanding dengan-Nya, baik itu dari manusia, jin atau malaikat. Walam Yakullahu Kufuwan Ahad.