Ad Code

Responsive Advertisement

Contoh Fixed Mindset Adalah? Pelajari, Yuk!

fixed mindset adalah


Contoh fixed mindset adalah

Sebelum kita bahas apa saja contoh fixed mindset adalah seperti apa saja, baiknya kenalan dulu asal muasal dan definisinya. Fixed mindset and growth mindset adalah pembagian dalam psikologi terkait cara seseorang memandang kemampuan dan potensi diri sendiri serta kemampuan untuk belajar dan berkembang.

Jadi, konsep mindset dalam menggambarkan cara berpikir seseorang tentang kemampuan dan potensi diri itu ada dua, yaitu: Fixed dan Growth. Fixed artinya tetap, jumud, gak berubah. Sementara Growth artinya berkembang atau tumbuh. Jelas, kan perbedaan keduanya?

fixed mindset dan growth mindset


Fokus kali ini kita mau bahas yang fixed mindset, ciri-ciri dan contohnya. Jadi jangan kemana-mana, simak ampe abis.


Pengertian Fixed mindset

Dengan bahasa lain, Fixed mindset adalah adalah mental yang bikin lo ngerasa kemampuan lo udah ditentuin gitu aja dan gak bisa berkembang lagi. Jadi beda banget sama growth mindset yang ngerasa kemampuan bisa ditingkatkan lewat latihan dan belajar.


Ciri-ciri Fixed Mindset

Kalo orang punya fixed mindset, ciri-cirinya tuh gampang banget dikenali. Dia suka menghindari tantangan baru, merasa iri dan takut kalo orang lain sukses, cepet menyerah, dan mikir kalo kemampuan udah dikunci dan gak bisa naik lagi.


Contoh Fixed Mindset Adalah?

Biar tambah paham, ini beberapa contoh fixed mindset yang bisa ditemukan disekitar kita. baik sebagai siswa, pekerja maupun dalam keluarga.

Contoh fixed mindset adalah ada siswa yang selalu males belajar matematika karena merasa "gak berbakat" atau kalo dia dapet nilai buruk di suatu mata pelajaran, langsung merasa kalo dia gak bisa belajar sama sekali. Di pekerjaan juga ada orang yang selalu ngerjain tugas yang sama aja terus dan gak mencoba cari cara baru untuk meningkatkan produktivitas, atau atasan yang gak ngasih kesempatan bawahan buat inisiatif dan berpikir out of the box.

salah satu contoh lain dari fixed mindset itu adalah ketika seseorang merasa bahwa bakat dan kemampuan itu hanya ada di dalam kelompok tertentu. Misalnya, kalo lo gak lahir dari keluarga yang berbakat dalam bidang seni, lo gak akan pernah bisa menjadi seniman yang sukses.

Pengaruh dari Contoh fixed mindset adalah bukan hanya berdampak pada pendidikan dan pekerjaan, tapi juga bisa berpengaruh pada karir dan sosial seseorang.

 

Contoh fixed mindset dalam karir bisa dilihat pada karyawan yang takut mencoba hal baru atau mengambil risiko. Mereka cenderung hanya melakukan tugas rutin yang diberikan dan tidak berusaha untuk meningkatkan kualitas kerjanya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membatasi kemajuan karir mereka.

 

Sementara itu, contoh fixed mindset dalam sosial bisa terlihat pada seseorang yang merasa tidak mampu untuk bersosialisasi dengan orang baru atau memperluas jaringan pertemanan. Mereka cenderung merasa nyaman dengan lingkaran sosial yang sudah dikenal dan merasa kesulitan untuk membangun hubungan dengan orang lain di luar lingkaran tersebut.

 

Namun, hal-hal seperti ini bisa diatasi dengan mengubah sikap menjadi growth mindset. Dengan membuka diri terhadap tantangan dan belajar dari kegagalan, seseorang bisa mengembangkan kemampuan sosial dan karirnya, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.


Padahal, kalo lo punya growth mindset, lo bakal ngerasa kalo kemampuan itu bisa diasah lewat latihan dan pengalaman. Jadi kalo lo mau jadi seniman, ya lo bisa belajar dan latihan sampai jadi, gak harus selalu bergantung pada bakat.

Dari contoh fixed mindset adalah kita bisa belajar dan buka mata ke dunia seluasnya karena hal itu ngebatasin lo buat berkembang dan maju. Kalo lo bisa jadi lebih aware sama pola pikir ini dan berusaha mengubahnya, lo bakal bisa jadi lebih terbuka dan sukses dalam banyak hal.


Kalo lo pengen atasi fixed mindset, lo harus mulai sadar dan akui kelemahan lo, minta saran dari orang lain, coba tantangan baru yang keluar dari zona nyaman, dan punya rasa percaya diri serta hargai proses pembelajaran. Dengan cara ini, lo bisa perluasin wawasan dan meningkatkan kemampuan lo, ga cuma stuck di situ doang. Open Your Mind, bro!