Ad Code

Responsive Advertisement

Hubungan Mualaf, Zakat dan Pembagiannya

Mualaf Adalah

mualaf adalah


Bro, ada istilah "mualaf" dalam Islam, itu buat orang yang dulunya orang kafir tapi sekarang masuk Islam atau yang baru aja masuk Islam. Katanya, dalam Surat At-Taubah ayat 60 ada disebutin kalo mualaf berhak dapetin zakat.

Mualaf adalah pihak muslim atau non muslim yang diperhatikan karena tujuan tertentu. Tujuan ini bisa kamu liat di bagian kategori.


Tiga Kategori Mualaf

Nah, ada 3 kategori mualaf yang berhak dapetin zakat, katanya perlu referensi sih, tapi coba deh dengerin ini:

  1. Mualaf yang dipengaruhi buat masuk Islam
  2. Mualaf agar bela Islam
  3. Mualaf yang butuh dukungan

Orang yang dipengaruhi buat masuk Islam: Jadi, yang punya pengaruh atau bisa merayu hati orang biar masuk Islam, mereka berhak dapetin zakat.

Bener, bro! Jadi, yang dimaksud dengan kategori pertama mualaf yang berhak dapetin zakat itu orang yang bisa mempengaruhi atau merayu hati orang biar masuk Islam. Misalnya, mereka yang dengan sabar dan penuh kasih sayang mengajak orang lain buat masuk Islam, atau mereka yang dengan kebaikan hati memberikan nasihat-nasihat yang baik tentang Islam. Nah, mereka yang berhasil mempengaruhi orang buat masuk Islam ini berhak dapetin zakat, sebagai bentuk dukungan dan penghargaan atas usaha mereka yang baik itu.

 

Orang yang dipengaruhi buat bela Islam: Misalnya, yang bisa mempengaruhi pemimpin atau tokoh terkenal buat membela kepentingan umat Islam atau bantu mereka yang minoritas muslim, mereka juga berhak dapetin zakat.

Bro, jadi kategori yang kedua itu orang yang bisa mempengaruhi pemimpin atau tokoh terkenal untuk membela kepentingan umat Islam atau bantu mereka yang minoritas muslim. Jadi, mereka yang bisa merayu atau ngajak pemimpin atau tokoh terkenal buat bantu kaum muslimin yang lagi kesusahan, mereka juga berhak dapetin zakat. Misalnya, kalo mereka bisa bikin pemimpin atau tokoh terkenal itu mau membela muslim yang minoritas atau ngasih dukungan buat kaum muslimin, mereka bisa dapet zakat sebagai bentuk bantuan buat mereka yang membelanya. Jadi, intinya kategori ini berhubungan sama upaya buat membela dan membantu umat Islam.

 

Orang yang baru masuk Islam kurang dari setahun: Biasanya mereka yang baru masuk Islam dan masih butuh bantuan buat beradaptasi sama lingkungan baru mereka. Bisa juga mereka yang membangun lembaga sosial atau keilmuan buat bantu mualaf. Ini juga berhak dapetin zakat.

Paham, bro! Jadi, yang dimaksud dengan kategori ini adalah orang yang baru-baru ini masuk Islam, kurang dari setahun yang lalu. Mereka masih butuh bantuan buat beradaptasi dengan lingkungan baru mereka sebagai seorang Muslim. Selain itu, mereka juga bisa membangun lembaga sosial atau keilmuan yang bisa membantu mualaf lainnya. Nah, yang kategori ini juga berhak dapetin zakat, bro!


Alasan-alasan Mualaf

Bro, jadi alasan orang jadi mualaf itu beda-beda, ya. Ada yang karena nikah, misalnya mereka nikah sama orang Islam trus ikutin agamanya pasca-menikah. Terus ada juga yang karena belajar atau menemukan ilmu agama, kayak yang lagi belajar atau punya ketertarikan sama Islam terus akhirnya masuk Islam. Terus, ada juga yang karena pengalaman langsung, misalnya mereka mimpi atau bangun dari koma terus jadi kepikiran buat masuk Islam.

 

Berdasarkan data, sekitar 60-an% dari mereka yang jadi mualaf itu karena nikah, 20-an% karena belajar dan menemukan ilmu agama, dan belasan % karena alasan lainnya. Jadi, ada variasi alasan yang membuat orang jadi mualaf, bro.