Ad Code

Responsive Advertisement

Bacaan dan Arti Surat Al Kafirun Ayat 2 per Kata

Arti Surat Al Kafirun Ayat 2
surat al kafirun ayat 2 dan artinya

Arti surat al Kafirun ayat 2 yang berbunyi: La a’budu ma ta’budun ini artinya Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Maknanya adalah sebuah pernyataan secara tegas tidak mau dan tidak akan pernah beribadah dan menyembah apa yang disembah oleh kaum Musyrik.

Al Kafirun sendiri memiliki arti orang-orang kafir. Dari tinjauan ilmu shorof, kaafirun merupakan bentuk isim fa’il dari fi’il madhi ka-fa-ra. Artinya bisa berbeda-beda sesuai konteks pembahasannya.

Penamaan surah ini dengan al Kafirun diambil dari lafadz-lafadz yang berada di dalam ayatnya. Khususnya ayat pertama yang bacaannya: qul ya ayyuhal kafirun.

Bunyi Bacaan Surat Al Kafirun Ayat 2

Sementara bunyi bacaan Surat al Kafirun ayat 2 dalam tulisan Arab sebagai berikut:

لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ

Sebagaimana diketahui, bahwa jumlah surat al Kafirun ini berjumlah enam (6) ayat saja. Jumlah yang bisa dibilang sedikit dibanding surah-surah al Quran lainnya. Namun bukan yang paling sedikit.

Baca Juga: Manfaat Surah al Waqiah

Banyak kajian tentang Surah al Kafirun beserta artinya ini. Di sana Kamu akan menemukan secara lebih terperinci bagaimana asbabun nuzul surah al kafirun, tentang apa kandungan utama surat al kafirun dan masih banyak lagi.

Arti Surat Al Kafirun Ayat 2 per Kata

arti Surah Al Kafirun ayat 2


Seperti apa arti Surah Al Kafirun ayat 2 jika diterjemahkan berdasarkan kata per kata. Berikut arti al Kafirun ayat ke-2 per kata.

  • ·        لَا (Laa) artinya Tidak
  • ·        أَعْبُدُ (‘a’budu) Aku menyembah
  • ·        مَا (maa) artinya (kepada) apa saja
  • ·        تَعْبُدُونَ (ta’buduuna) artinya yang kalian semua sembah

Baca Juga: Penjelasan Walam Yakullahu Kufuwan Ahad

Itu semua jika diartikan kata-perkata. Namun perlu diingat! arti harfiah bisa berubah sesuai konteksnya. Selain itu, jika terangkai dalam satuan kalimat atau paragraf bisa menimbulkan keindahan-keindahan bahasa yang bisa diketahui dengan ilmu alat seperti nahwu, shorof, balaghah dlsb.

Hal itu juga berlaku untuk arti surat al kafirun ayat 2 dimana artinya dan maknanya tidak bisa lepas dengang ayat sebelum dan sesudahnya sampai surat al Kafirun ayat 6 beserta artinya. Terlebih ini adalah ayat-ayat al Quran yang memiliki nilai dan tingkat bahasa yang tinggi.

Demikian sedikit kajian bacaan dan arti surat al Kafirun ayat 2 per kata. Semoga bisa menambah wawasan qurani kita semua, khususnya terhadap surat Alkafirun ini. Amin.